Kukkikwon: Markas Besar Taekwondo di Gangnam

Agustus 17, 2016 Intan Sri Setyowati 0 Comments


Kalo boleh curhat, sebenernya saya
sendiri ikut Taekwondo pas jaman SMA. Pas kuliah sempet ikutan juga di kampus, tapi trus males soalnya jadwal kuliahnya yang lumayan padet. Tapi saya pas di Korea sempet ngunjungin Kukkikwon, karena emang dari dulu pas jaman masih SMA kepengen banget kesini.

Masih di Gangnam juga, jadi Kukkikwon yang merupakan World Taekwondo Headquarters dan rumah dari  World Taekwondo Academy ini letaknya di Teheran-ro 7.

Cara menuju ke Kukkikwon:
Ambil line 2 (Bundang Line) - stop Stasiun Gangnam / Stasiun Yeoksam (mending Gangnam) - keluar exit  - Jalan 10 Menit


Bisa turun di Gangnam atau di Yeoksam
Ikutin palang yang menuju ke Kukkikwon
Dari exit stasiun, jalannya bakal nanjak banget. Jadi mesti tenaga ekstra ya. Saya waktu kesana sendirian, trus sempet rada bingung kok ga sampe-sampe. Ternyata tempatnya memang di ujung banget. Jadi kalian nanjak aja terus sampai nanti ada gerbang kayak gini:

Gerbang masuk ke Kukkikwon
Jadi di sini ada stadion yang biasa buat latihan atau pertandingan, dan ada juga museum nya. Saya pas kesini lagi sepi banget, mana sendirian. Sempet bingung juga gimana cara masuk ke stadionnya karena takut salah masuk. Akhirnya setelah nanya, bisa juga masuk ke stadion. Waktu itu lagi ada yang latihan atraksi.  Latihannya aja keren banget :'). Saya dulu selalu kebagian kyorugi (fight), jadi kurang bagus buat poomsae apalagi atraksi yang sampe terbang-terbang.

Asli keren banget atraksinya
lagi agak sepi :(
Saya juga sempat ke museumnya. Sebelum masuk saya isi buku tamu dulu. Ternyata cukup banyak orang Indonesia yang pernah ke museum ini. Di museum isinya kurang lebih kayak penjelasan tentang Taekwondo, Piala Olimpiade, Dobok yang di pakai atlet, dsb. Saya melihat ada beberapa nama atlet Indonesia yang pernah juara Olimpiade. So proud to see this.
Isi museum di Kukkikwon
Piala Taekwondo Internasional
Ini nih medali juara Taekwondo
Dokumentasi-dokumentasi saat ajang Taekwondo Internasional

Habis itu saya langsung cabut karena mau ke Seonjeongneung Royal Tombs, yang letaknya hanya beberapa stasiun. Tapi saya tetap naik Subway lah, gempor dong kalo jalan. Pas kembali ke jalan Teheran, saya mampir ke store-nya MOOTO. Harga doboknya bervariasi, dan ternyata ada yang lagi diskon jadi ₩35.000 aja! Tapi saya sayangnya  udah ga latihan lagi, jadi ya ga dibeli. Pas malemnya saya telpon temen, katanya kenapa ga dibeli padahal di Indonesia bisa dijual lagi pasti laku. Tapi saya waktu itu lagi ngirit dan ga ada pikiran kesitu wkwkwk.

Buat yang mau beli perlengakapan Taekwondo, bisa mampir kesini

Note: kalau mau kesini rombongan aja. Dan dilihat dulu jadwal kapan lagi ada latihan. Biar kesana ga krik krik amat.

KUKKIKWON
http://www.kukkiwon.or.kr/front/eng/main.action
Alamat: 32, Teheran7gil, Gangnam-gu, Seoul, Korea (06130)
Admission: Gratis

You Might Also Like

0 komentar: