Chinatown + Jayu Park: Tradition and History in a One Place

April 10, 2016 Intan Sri Setyowati 0 Comments


Percaya ga kalo Chinatown itu ada dimana-mana? Yap... ga cuma ada di Glodok dan juga Singapore, tapi di Korea pun juga ada Chinatown. Kalo di Korea, Chinatown ini ada di Incheon dan juga menjadi destinasi favorit para pelancong. Biasanya buat anak-anak Inha pas hari pertama sampai di dorm, mereka akan langsung pergi ke Chinatown (ataupun juga Songdo). Soalnya emang deket banget kalo dari Inha Univ, cuma beberapa stasiun aja dari tasiun Juan.

Cara menuju Chinatown:
Peta menuju ke Chinatown
Jadi, Chinatown itu ibaratnya kayak Kota Tua. Dia ada di penghujung rel subway, yaitu Stasiun Incheon. Perhatikan Line 1 yang warna biru tua.

     Dari Seoul:
     Cari transit line 1 / dari Stasiun Seoul - Line 1 - Stasiun Incheon  

     Dari Inha University:
     Stasiun Juan - Line 1 - Stasiun Incheon 

Untuk yang dari Seoul, ingat kalian harus bener-bener perhatiin tujuan dari subway line 1. Karena akan ada yang menuju Incheon dan Shincang. Saya sendiri pernah salah sampai tiga kali (seharusnya saya dapet piring nih). Subway menuju ke Chinatown rada-rata sepi gitu (kayak siang-siang kalo ke Jakarta Kota). Setelah sampai di stasiun Incheon, langsung keluar aja. Chinatown tepat ada di seberang stasiun dan akan ada gerbang yang seperti ini:

Pintu masuk Chinatown
Sepanjang jalan di Chinatown penuh dengan ornamen warna merah. Banyak juga restoran-restoran China. Katanya Jjampong di Chinatown itu yang paling enak. Selain itu di Chinatown juga ada museum Jjajangmyeon, tapi sayangnya saya tidak sempat kesana. Saya waktu di Korea ngidam banget mau semangka. Soalnya kata ssaem (guru) saya, semangka di Korea itu manis banget apalagi kalo dimakan pas musim panas. Dan akhirnya saya nemuin semangka yang di jual potongan! kalo di toko buah deket Inha dijualnya satu buletan gitu. Akhirnya saya beli satu, ya walaupun lumayan mahal sih yaitu 1000₩ (Rp 11.800). Di Chinatown juga tersedia banyak makanan unik dan juga aksesoris kha China. Ada minuman yang unik banget tempatnya, tapi saya ga beli soalnya mahal kalo ga salah 3000 atau 5000₩.
Asli manis banget
 Setelah itu saya langsung menuju ke Jayu Park. Kalo menurut website nya KTO, Jayu Park itu:
"Jayu Park, or park of Freedom, has held its name ever since October 3, 1957 when a statue of General McArthur, who led the Incheon Amphibious Landing Operation during the Korean War, was erected at the summit of Mt. Eungbongsan. The park offers spectacular views of downtown Incheon and its surrounding mountains, the port, and the sea".
Jayu Park letaknya ga jauh dari pintu masuk Chinatown. Sebelum ke Jayu Park, ada tanya yang bisa dijadikan spot berfoto ria dan juga patung-patung berkepala hewan. Selain itu ada restoran white jjajangmyeon yang pernah ada di Running Man. Saya mampir ke restoran ini setelah dari Jayu Park (baca: White Jjangmyeong di Running Man eps 249). 

Spot bagus di Chinatown
Yah ada orang diatas -_-
Numpang narsis
Kata Esther: suit China
Pintu ke Jayu Park
Jadi buat ke Jayu Park-nya sendiri, saya menaiki banyak anak tangga. Dan rasanya capek juga. Pas saya sampai di atas, tempatnya sepi banget. Yang ada malah para lansia. Soalnya di Jayu Park disediain banyak alat olahraga gitu. Tempat yang ada tugunya juga sepi banget. Wah kalo di negara kita pasti udah jadi tempat orang pacaran wkwkwk. Karena saya di Jayu Park sampai sore banget, jadi saya sekalian menikmati sunset.

Sepi banget
Fasilitas gratis
Monumen
Liat sunset

Jadi kalo saya pribadi sih suka sama Chinatown. Tapi kayaknya kalo untuk ke Jayu Park-nya lagi ga deh. Mending saya ekslor Chinatown-nya aja. Soalnya kemaren saya belom menjelajahin semuanya hehe. Buat temen-temen yang punya rencana ke Chinatown, jangan lupa untuk cobain Saewoo Jjampong ya. Tenang kok itu jjampong seafood. Buat yang boleh makan babi, bisa banget buat cobain white jjajangmyeon.

You Might Also Like

0 komentar: