Menginjakkan Kaki di Incheon International Airport

April 10, 2016 Intan Sri Setyowati 14 Comments

Yeah touchdown, Korea!!

Incheon International Airport merupakan pintu gerbang utama ketika ingin mengunjungi Korea Selatan. Bandara yang terletak di Incheon ini bisa dibilang emang megah banget. Biasanya kalo kalian suka nonton variety show kayak Laws Of The Jungle dan Youth Over Flowers (baik yang Noona ataupun yang Grandpas), pasti kalian bakal liat bandara Incheon seperti apa. Dan saya juga jadi penasaran banget, karena bandara Incheon itu berada di posisi kedua sebagai “The World Best’s Aiports”. Ya untuk nomer satunya masih dipegang oleh tetangga kita yaitu, bandara Changi di Singapore. Untuk yang mau info lebih lanjut tentang bandaranya, silahkan di google aja ya hehe.

Karena saya sendiri penggemar K-POP, jadi saya sering banget liat update-an artis-artis Korea saat mereka di bandara. Ya bisa dibilang fashion airport mereka keren-keren, sampe saya bingung mau pake baju apa saat mau ke Korea (biar samaan kayak artis Korea gitu). Tapi akhirnya gagal total, karena penerbangan saya GA878 take off jam 23:15, dimana sampe di Korea pagi jam 08:30 (penerbangan 6 jam dan waktu Korea yang +2 jam). Jadi saya mager banget buat pake fashion airport yang kece, soalnya malem gitu kan dingin. Akhirnya saya cuma pake jeans + t-shirt + sweater, dan ternyata pas sudah sampe di Incheon pun saya kumel banget. Pas saya sampai di Incheon ternyata hujan. Jadi walaupun di Korea itu musim panas, tapi ga menutup kemungkinan hujan yang tiba-tiba (disebutnya 장마 atau jangma).

Jadi ketika sudah mendarat di bandara Incheon, dari garbarata kalian akan langsung naik semacam kereta yang langsung terhubung ke main bandaranya. Seperti biasa nanti kalian akan ke Imigrasi. Saat di imigrasi santai aja, kecuali kalian beneran niat mau jadi TKI liar *bercanda*. Setelah itu kalian bisa mengambil bagasi. Ohiya sistem di bandara Incheon memang bagus banget, karena buat klaim bagasi cepet gitu deh. Tapi ya tapi saya kurang suka sama troli-nya. Mesti di tekan dulu baru bisa di dorong. Udah bagasi saya berat, harus ditekan pula. Setelah ambil bagasi saat itu saya langsung berkumpul bersama teman-teman yang juga akan mengikuti Inha Summer School. Karena waktu itu batre saya habis, jadi ga bisa banyak foto. Dan akhirnya pake HP Esther.

Kucel banget :(

Setelah itu saya langsung menaiki bus jemputan untuk langsung ke Inha Univerity. Yeaaay

Hujannya ga reda-reda

-- Summer School at Inha University --

Sebenernya sebelum saya pulang, selama saya di Korea sempat dua kali ke bandara Incheon. Yaitu pas waktu mau nonton Sukira live at Incheon Airport (plus nginep di bandara wkwk) dan pas pick-up dari Inha University ke Airport (tidak langsung pulang, tapi extend di Myeongdong).

Berikut foto-foto yang berhasil saya ambil habis menonton Sukira:

Ini pintu arrival
Arah menuju ke Subway
Nungguin subway jam pertama :')

Saat pick-up dari Inha ke Airport, sebelum extend di Myeongdong:
Karina - Dilla - Intan
Tas saya sengaja ungu semua hehe

-- Back to Jakarta --

Pas hari kepulangan saya dari Korea, flight saya GA879 yang take off jam 10:35 dan tiba di bandara Soekarno Hatta jam 15:40 (ingat ya 6 jam dan waktu WIB yang -2jam dari waktu Korea). Untuk menuju bandara saya naik direct bus dari Myeongdong ke bandara. Harus di perhatikan juga ya jarak dari Myeongdong ke bandara itu sekitar satu jam. Dan perhitungkan juga waktu kalian untuk check-in bagasi dan sebagainya.

Awalnya saya berniat mau dari Hostel jam 6 pagi. Tapi kenyataannya jam segitu baru bangun, akhirnya saya pun berangkat jam 7 lewat dari dari Myengdong. Udah ga inget apa itu sarapan, karena saking buru-burunya. Untungnya saya berhasil sampai bandara sekitar jam 08:30, dan saya pun langsung check-in bagasi. Walaupun semalem udah nimbang bawaan biar ga over, tapi tetep aja khawatir. Sayang dong kalau harus keluar uang lagi kan? Alhamdulillah bagasi saya 29.5kg dan Esther pas banget 30kg. Tapi sebenarnya di luar bagasi bawaan saya itu se-gambreng banget, kayak TKI mau balik ke kampung.
Waktu nunggu bus di halte Myeongdong
Banyak banget bawaannya

Setelah itu saya langsung pergi ke Imigrasi. Lagi-lagi kalau di imingrasi santai aja ya, kecuali kalian emang beneran nyelundupin sesuatu *bercanda lagi*. Lalu nanti akan ada pemeriksaan lagi sebelum kalian bisa langsung ke gate. Yaitu di cek bawaan kalian yang mau dibawa ke bandara. Saya sebenernya rada takut juga sih, karena bawaan saya dan Esther banyak banget. Dan.... ya ternyata Shooting Gel Esther disita karena melebihi batas 100ml. Tadinya botol minum yang dari Inha juga hampir disita karena ada airnya. Tapi saya tanya ke petugas "is it okay if we drink it now?" "yes, you can". Akhirnya kita berdua minum airnya sampai habis, padalah belum sarapan :( .

Selanjutnya kalian akan ke gate. Saat akan ke gate, saya akhirnya membeli Taco Bell buat sarapan. Menururt saya Taco Bell enak banget, entah karena lapar atau emang enak banget. Selain itu kalian juga masih bisa belanja di toko-toko dekat gate, ada kosmetik dan pernak-pernik juga. Tapi menurut saya harganya lebih mahal dari pada di toko biasa, tapi disini kalian bisa bayar pakai USD dan bebas pajak. Ohiya jadi dari pengalaman saya belanja kosmetik di Korea, akan ada yang namanya tax refund. Tapi ini biasanya kalo kalian belanja yang banyak banget, waktu itu sama belanja sama Esther habis sejuta lebih hehe (berdua loh ya). Tapi itu pun baru di Face Shop, belum yang di Etude (karena titipan banyak juga sih). Kalau ga salah yang di refund ada sekitar 6000/7000₩, saya lupa berapa pas nya.

(Sedih)
Okay, lalu saya dan Esther menunggu di gate dengan perasaan sedih campur senang. Sedih karena mesti pulang, tapi senang karena akhirnya bisa pulang. Which is bisa makan makanan Indonesia lagi, bisa tidur di kamar lagi dan ga keluar uang lebih banyak lagi. Ya, karena saya 26 hari di Korea, uang udah tiris banget (jadi sedih). Walau begitu, intinya perjalanan saya di Korea seru banget!! dan someday saya harus kesana lagi selain musim panas, soalnya panas disana sama di Jakarta sama aja. Kan pastinya kita mau coba hal baru kan, kayak salju hehehe.

Nah bagaimana pengalaman kalian?

Transportasi di Incheon International Airport (untuk ke Seoul):

1. Subway
Naik subway bisa jadi pilihan yang paling murah karenanya harganya yang 3700 won (harus pake t-money). Arah subway ini yaitu Airport-Seoul Station, dan nantinya kalian bisa transit buat menuju ke stasiun yang kita tuju. Sayangnya, karena kereta ini kereta umum jadi kadang bakal rame banget dan kalo bawaan koper kalian banyak, bakal ribet banget. Waktu saya dari bandara mau extend di Myeongdong, saya naik subway dan... asli ribet banget apalagi pas geret koper di eskalator. Tapi kalo kalian emang backpacker (literally backpacker), cocok lah sama kantong. Info lebih lanjut, di sini.

2. Airport Limousine Bus
Airport bus ini adalah Damri-nya Korea. Warning: kalau bawaan kalian banyak banget dan bingung dengan jalur subway, mending naik ini. Kayak yang saya ceritain di atas, pas pulang ke Indonesia saya naik ini karena bawaan saya banyak, jadi saya naik bus ini. Harga per orang 10.000-15.000 won dan bisa bayar cash. Untuk durasi menuju ke bandara sekitar satu jam aja. Bus ini menuju/ada di daerah-daerah tertentu kayak Myeongdong, Wangsimni, dll (untuk lebih lanjut klik di sini). Fyi, cuma 1 koper yang bisa masuk bagasi bus dan sisanya harus diangkut ke dalam bus.

3. Express Train
Untuk yang ga suka transit-transit di stasiun dan anti macet, ini transportasi yang pas untuk kalian. Selain itu bangku kereta ini juga 2-2, ga kayak bangku subway. Di jamin bakal nyaman banget deh. Biaya naik ini terbilang cukup mahal, yaitu 14.800 won. Further info, di sini.

4. Taxi
Mungkin naik taksi super enak ya, bisa langsung ke tempat tujuan, duduk nyaman dan ga perlu mikir geret2 koper di stasiun/halte. Tapi oh tapi taksi di Korea sangatlah mahal guys. Kalo ga salah kalo kalian mau sampe Seoul bakal kena biaya sekitar 50.000 won. Tapi mungkin kalo kalian perginya berempat, bisa juga sih patungan naik taksi hehe.

5. Bus Umum
Kalau bus umum ini lebih cocok buat yang ke sekitaran Incheon aja deh. Karena biasanya cuma ada bus jarak dekat aja. Kayak misal saya dari apartemennya Song triplet di daerah Songdo, cukup naik bus umum sekali aja buat ke bandara. Tapi saya lupa waktu itu naik bus nomer berapa hehe. (Baca: Lost in Songdo: Jalan Kaki ke Apartemen Triplet)

You Might Also Like

1. Halo intan.
    Selama kamu di Korea, apakah setiap hari turun hujan?

1. Halo juga :)

Hujannya ga setiap hari, tapi dalam seminggu bisa 1 kali dan pernah juga 2 kali. Huajannya ga terlalu lama sih, tapi suka mendadak gitu. Semoga membantu :)

2. Haii Intan..

Mau tanya tentang check in di Incheon. Flight jam 10.35 diwajibkan untuk minimal tiba berapa jam sebelum flight ya? soalnya ada info katanya harus 3 jam sebelum flight uda ada di Bandara, kalo ga uda ga boleh check in. Kan males juga ya. eheheh..

Terima kasih

1. Hai juga Nova :)

Untuk batas waktu check-in setau saya tergantung maskapai masing-masing, karena biasanya berbeda-beda. Tapi kalo Garuda, tutup counter check-in di bandara itu 1 jam sebelum flight sih.

Untuk masalah yang 3 jam sebelum flight udah ada di Bandara, kata saya sih ga juga hehe. Karena saya flight jam 10:35 tapi jam 08:30 baru nyampe banget bandara. Tapi, emang ada baiknya sih kalo tiba di bandara 3 jam sebelum flight. Check-in jadi ga buru-buru dan bisa liat-liat/foto di bandara hehe. Ohiya, kalo emang khawatir takut ga sempet check-in, menurut saya check-in via online/mobile aja bisa 24 jam sebelum flight. Dan malah ga perlu antri lagi deh di bandara. Semoga membantu :)

Hapus
  3. Hai kak numpang tanya kalo diimigrasi korea tuh nanti ditanya2 gak ya kak ? Trus kalo ditanya2 apa aja yg biasa ditanyain

Balasan
    1. Waktu itu aku ga ditanya apa-apa kok pas di imigrasi. Kalo emang kita ga macem-macem, yang penting muka pede dan santai aja :)

Hapus
  4. Haaai intan, mau tanya - tanya tentang bagasi korea dong yaa. Koper kita itu bakal di buka2 aja isinya atau sampai di gledah2 gitu ya sama pihak imigrasinya? Trus barang apa aja sih yg bakal disita. Aku pengen beli banyak makeup. Atau skincare gtu cuman takut disita. Makasih

1. Hai juga Vianty..

Well, saya waktu itu hampir 1 koper 21 inch isinya kosmetik sama album K-Pop semua lho. Dan lolos-lolos aja hehe. Rata-rata yang aku bawa masker, kutek, cleansing foam, aseton, dan pokoknya banyak deh. Yang penting semua barang ini kamu masukin ke koper untuk bagasi check-in ya, jangan ke bagasi kabin. Karena kalo bagasi kabin peraturannya emang ketat, shooting gel temen saya aja disita dan botol minum aja ga boleh ada airnya. Untuk apa aja yang ga boleh dibawa ke bagasi kabin liat di sini aja https://www.tiket2.com/blog/inilah-benda-benda-yang-tidak-boleh-dibawa-ke-pesawat/.

Kalo saya setiap pergi, sabun shampoo kosmetik dan skincare semuanya di taro di bagasi check in biar aman. Dan setengah baju saya malah ada di tas backpack haha, alhasil tentengan jadi berat juga sih. Semoga membantu ya :)

5. Intan, salam kenal..

Mau tanya, untuk yang paspor nya masih kosong alias belum pernah di pake untuk perjalanan sebelumnya, kira-kira bermasalah ga ya di imigrasi Incheon? kasih tips dong buat melewati imigrassi incheon biar ga ketahan.. makasih yaa

1. Hai Nufi,

Saya waktu ke Korea juga pertama kalinya ke luar negeri hehe. Asal barang bawaan kita wajar-wajar aja (ga ada barang berbahaya/obat terlarang), pasti lolos kok. Semoga membantu ya :)

Hapus
  6. Hi intan salam kenal, nanya dong untuk dapat tax refund syaratnya apa aja ya. Makasih

1. Hai Hany,

Setau saya kamu harus belanja di atas 30.000 won ya dalam satu struk. Untuk berapa refundnya saya kurang tau pasti. Tapi saja belanja sekitar 1 juta, refund 6.000-7.000 won. Semoga membantu! :)

Hapus
  7. kebenaran sekali nemu artikel ini. mau tau aja klo di korea mereka pake sistem sekuriti TSA gitu nggak sih kaya di US/yurop gitu?