[Singapore] Day 1: Changi Airport, Zam-zam Restaurant dan Clarke Quey

Maret 30, 2018 Intan Sri Setyowati 0 Comments

Hari ini bisa dibilang jadi hari yang cukup ‘bersejarah’, karena anak manja kayak saya dan Fia akhirnya bisa melalang buana ke Singapore tanpa orang tua. Well ya kita berdua emang nekat juga sih. Berhubung waktu itu lagi libur semesteran juga, akhirnya kita jadi berangkat ke Singapore 31 Januari - 5 Februari. Lumayan lama juga sih jadinya 6 hari 5 malem. Untuk akomodasi pesawat dan hostel, saya langsung pesen lewat Air Asia Go. Karena mau yang praktis aja hehe.

Untungnya saya berangkat di hari Minggu, jadi perjalanan ke bandara sama sekali ga macet. Dan sekitar jam 10 saya meet up dengan Fia di pintu masuk Soetta Terminal 3. Setelah cium tangan dan minta restu orang tua, saya dan Fia langsung check-in di check-in machine-nya Air Asia. Alhamdulilah semuanya lancar-lancar aja dan take off sekitar jam 11:30.

Setelah penerbangan selama 1 jam 50 menit, akhirnya touchdown juga di Changi Airport. Fyi, waktu di Singapura lebih cepet 1 jam ya daripada di Jakarta. Jadi pas saya sampai juga udah agak sore gitu. Dan biar ga makin makan waktu, langsung buru-buru deh ke Imigrasi. Fyi aja, imigrasi Singapore walau banyak loketnya juga tetep antri banget.

Kesan pertama saya waktu di Changi, ini bandara megah banget! Saking gedenya, saya jadi sempet bingung kemana arahnya. Ohiya, interior di Changi juga futuristik sekali. Karena waktu saya ke sini memang menjelang imlek, jadi saat itu interiornya lagi ‘imlek banget’.

Untuk transportasi dari bandara ke hostel, saya pilih untuk naik MRT. Karena selain murah, naik MRT juga mudah. Sebelum naik MRT, jangan lupa untuk beli Ez-Link Card. Harganya USD 12 yaitu USD 5 untuk harga kartunya dan USD 7 untuk saldonya. Kebetulan waktu itu saya dapet kartu yang edisi Rilakkuma loh! Ohiya kartu ini bisa buat dipakai untuk naik Bus, MRT, Sentosa Express, dan transportasi lainnya. Tapi sayangnya kartu ini ga bisa buat beli barang di convenience store (ga kayak kartu elektronik di Indonesia). Untuk isi ulang bisa di convenience strore atau di stasiun MRT, tapi minimal USD 10 (ini saya kesel banget sih).

Hostel saya namanya Shophouse The Social Hotel yang letaknya di Arab Street, deket banget sama Masjid Sultan/Haji Lane. Setelah 1 jam perjalanan dari bandara, dan… sampai juga di hostel. Waktu itu sempet hujan lebat, jadi hawanya dingin dan pas ketemu kasur langsung pada tidur deh. Asli ini ga produktif banget karena saya sama Fia bener-bener tidur dan bangun-bangun udah Maghrib. Ohiya, di hostel saya ini suara adzan dari Masjid Sultan kedengeran loh. Dan kadang saya juga lebih milih sholat di masjid, karena di kamar hostel bisa dibilang sempit. Apalagi kasur saya deket pintu.

Pas malem, kita mulai cari restoran untuk makan. Karena lokasinya di Arab Street, jadi banyak pilihan makanan timur tengah dan yang pastinya HALAL. Tapi harganya memang cukup mahal sih. Sempet bingung mau makan dimana karena liat kantong juga, dan sampai pada akhirnya kita mendaratkan kaki di Zam-zam Resto. Letaknya persis ada di seberang jalan mau ke Masjid Sultan. Papan namanya juga gede, jadi cukup mudah lah buat ditemuin. Di Zam-zam resto ini banyak pilihan makanan yang bisa kita pilih kayak Nasi Biryani, Nasi Goreng, Mi Goreng dan juga si menu andalan MURTABAK! Katanya sih murtabak yang paling enak ya di sini. Murtabak sama aja kok alias martabak dan pilihannya ada beef, deer, mutton sama chicken. Dan akhirnya kita pesen murtabak yang beef, nasi goreng merah dan teh o’.

Gimana rasanya? Ya, buat saya ini recommended banget sih. Karena saya pribadi emang suka makanan yang kayak gini dan ‘berbumbu’. Porsi nasi gorengnya juga banyak banget. Jadi walaupun waktu itu makannya sharing, tapi asli kenyang banget. Dan untuk the o’-nya juga enak banget. Jadi ini tuh semacam the susu (rasanya mirip thai tea). So, saya puas banget makan di Zam-zam resto.

Habis makan, kita langsung cao ke Clarke Quey karena katanya kalo malem lebih bagus gitu. Pas kesana kita naik bus dan langsung sampai di sebrang Clarke Quey. Ketika tiba di Clarke Quey sekitar jam 10 dan kayaknya kita ke sana udah terlalu malam jadi sih agak sepi. Karena beberapa resto yang tutup dan yang buka tinggal bar. Setelah muter-muter ga jelas, akhirnya kita mutusin buat pulang karena udah jam setengah 12. Sedihnya waktu itu bus umum udah ga ada yang lewat dan kalo cari stasiun kayaknya jauh juga. Dan akhirnya kita jalan kaki ke hostel. Iya, jalan kaki karena pas tadi naik bus rasanya sebentar banget. Dan kalo kata maps sih cukup lurus aja ngikutin Hill Street.

Di sepanjang jalan, sempet nemuin beberapa spot bagus buat foto haha. Awalnya sih seru, berasa YOUNG, WILD AND FREEEE karena bisa keluar malem di negeri orang. Tapi lama-lama bosen, capek, dan laper lagi. Awalnya kita kira ini bakalan deket ke hostel, taunya… gempor!! Mungkin karena di Singapore ga macet, jadi jalanan jauh aja rasanya sebentar. Saya gatau berapa kilo yang udah dilalui, sampe akhirnya setelah 1 jam jalan kaki, sampai juga deh di hostel.

Ya, itu dia pengalaman hari pertama saya di Singapore. Kayakanya karena masih hari pertama, jadi banyak hal yang ga diduga kayak tiba-tiba hujan, ketiduran dan ga tau jam operasional bus. Jadi ini saya jadiin pelajaran untuk tidur yang bener, siapin tenaga biar besok-besok jadi lebih terencana. Ohiya, untuk info aja kalo tengah malam di Singapore itu sepi banget. Beda deh kalo di Jakarta kayaknya kan masih rame-rame aja gitu. Ini sih beda. Dan kalo malam hari, di gang-gang kecil ada aja orang yang habis mabok (sama kayak di Korea). Jadi guys jangan ditiru ya yang kayak saya ini. Saya ini sih khilaf banget dan di hari-hari berikutnya bahkan jam 10 udah di hostel hehe.