[Singapore] Day 4: Pulang Pergi SG-Johor dan Numpang Foto di Legoland

Maret 30, 2018 Intan Sri Setyowati 0 Comments



Waktu masih ngerancang itinerary, saya dan Fia sempet bingung buat pergi kemana aja di Singapore nanti. Dan sempet nanya ke temen yang pernah exchange di NUS, dia bilang kalo mau ke Johor Bahru bisa PP. Sebenernya agak ga tertarik untuk ke Johor karena kayaknya bakal sepi, walau saya tau ada Legoland sama Hello Kitty Land di sana. Tapi kayaknya sayang aja kalo 6 hari di Singapore tapi ga ke Johor. Akhirnya dari Jakarta saya nyiapin 45 Ringgit buat jalan-jalan di Johor. Saya nukernya ga banyak karena ga niat masuk ke Legoland-nya juga, tapi mau foto aja wkwk.

Okay, the day has come! Hari ini saya dan Fia akan berangkat ke Johor. Dan setelah cek blog sana sini, akhirnya nemu juga cara yang mudah buat ke Johor. Terminal bus untuk jurusan langsung ke Johor itu ada di Queen Street, yang ternyata jaraknya cuma 5-10 menit jalan kaki dari hostel saya di Arab Street. Seneng banget karena jadinya pas pagi ga perlu buru-buru banget. Untuk jam keberangkatannya ada cukup banyak dan waktu itu saya pilih naik bus Causeway Link.

Untuk transportasi apapun yang menuju ke Johor, nantinya kita akan turun dulu di Woodlands Checkpoint yaitu imigrasinya Singapore. Dan jangan lupa untuk bawa Passport dan Embarkation Card kalian (kartu yang di isi pas kalian tiba di imigrasi Changi Airport). Karena waktu itu punya saya ketinggalan dan sempet kena semprot petugas bandara loh! Untungnya waktu itu Fia bawa, jadinya saya di izinkan buat meninggalkan Singapore. Setelah itu kalian bisa naik bus lagi untuk langsung ke Imigrasi Malaysia di JB CIQ. Inget, ga usah panik kalo bus yang kalian naikin dari Singapore tadi ga ada. Karena kalian busa naik Causeway Link selanjutnya. Maka dari itu, ketika kalian turun di Woodlands harus bawa semua barang kalian. Lebih lanjut, cek di sini.


Bus Causeway Link tujuan Johor Bahru

Sekitar jam 11 siang atau setelah 1,5 jam perjalanan termasuk cek-in imigrasi, akhirnya saya tiba di JB Sentral. Ohiya JB Sentral ini letaknya bersebelahan sama JB CIQ. Jadi cukup ikutin petunjuk arah yang ada aja buat ke JB Sentral. Di terminal JB Sentral ini kalian bisa nuker SGD ke MYR (kalo saya udah nuker di Jakarta sih) dan di sini juga banyak tempat makan. Waktu itu saya cukup tertarik buat cobain ya kalo di sini warteg/warsun gitu. Saya pesen ayam, sayur dan es teh. Untuk biaya yang saya keluarkan untuk makan ini sekitar 6 Ringgit. 


Rasanya oke juga, mirip warteg
Untuk naik bus ke Legoland, kita bisa naik bus Causeway Link LM 1 yang ada di terminal bawah ya. Bus-nya berwarna kuning dan letaknya platformnya agak di ujung gitu. Bus ini akan berhenti di beberapa tempat wisata kayak Hello Kitty Land dan Legoland. Harga tiket bus ini 4.5 Ringgit dan sangat usahakan uang pas ya! Karena kita masukin uangnya ke kotak gitu, dan pak supir ga akan nyiapin uang kembalian untuk kalian. Ohiya, hati-hati ya teman-teman karena waktu itu saya di JB Sentral sempet ditawarin bus wisata gitu sama calo. Harganya mahal! Pokoknya kalian jangan menunjukkan muka bingung gitu deh.


Bagian dalam bus Causeway Link LM 1

Fyi, kondisi sepanjang Johor itu masih sepi banget. Mungkin kayak BSD gitu ya. Pokoknya lagi banyak pembangunan dimana-mana. Dan untuk perjalan ke Legoland-nya sendiri sekitar 45 menit, jadi buat yang mau tidur lagi silahkan. Akhirnya sampai juga di Legoland sekitar jam setengah 1. Dan ya… panas banget! Keadaan di luar juga ga terlalu rame. Antara karena saya kesana pas hari biasa atau emang karena bukan musim liburan juga. Kalo ke Legoland jangan lupa apa? Jangan lupa foto di pintu masuk wkwk. Berikut beberapa foto yang saya ambil di Legoland.





Setelah foto-foto, akhirnya saya pulang. Pulang? Iya haha karena tujuan saya ke sini emang buat foto aja. Karena di sini juga panas sekali teman-teman. Ga kebanyang juga sih masuk ke Legoland panas-panasan. Karena bus kita belum dateng, akhirnya saya belanja oleh-oleh dulu di salah satu toko. Ohiya di sini juga ada Mushola untuk kalian yang mau Sholat.

Saya mau cerita sedikit nih pengalaman apes saya pas pulang dari Johor. Jadi waktu saya sampe di imigrasi Singapore, tiba-tiba saya sama Fia kena random check imigrasi. Saya ga tau apa yang salah. Apa karena saya ga bawa barang apa-apa, apa karena saya pinjem pulpen ke petugas imigrasi, apa muka saya kayak TKI, ga tau deh. Saya di kayak di tanya-tanya gitu kayak riwayat hidup, kenapa ke Singapore, kenapa ke Johor bla bla bla. Dan sempet pake lie detector juga buat mastiin apakah saya kriminal atau ga. Yang nyebelin, ini tuh jadi makan waktu banget sampe ada kali 1 jam. Sempet cek cek di blog juga, ternyata ga cuma saya ya yang pernah kena random check gini. Ga ada yang tau pasti dipilihnya berdasarkan apa. Cuma ya tetep aja ini nyebelin.

Pas udah balik lagi ke Singapore, saya menghabiskan waktu sampe malem di ION Orchard. Menurut saya ION Orchard ini sama kayak Mall besar di Jakarta. Tapi untuk yang suka barang luxury/authentic, memang di sini sih syurganya. Soalnya ada toko-toko brand Internasional yang ga ada tokonya di Indonesia dan juga setau saya koleksi yang dijual di Singapore ini biasanya limited, atau juga emang lebih dulu dijual di Singapore dibanding dengan negara lain (ini kalo salah, boleh di ralat ya). Ohiya ternyata di ION Orchard ini ada toko brand indie dari Korea, yaitu REDEYE. Dulu waktu ke Korea, saya suka banget beli barang di REDEYE. Tapi sayangnya di Singapore harganya 2-3x dari harga di Korea, jadi menurut saya beli di Singapore kurang recommended.






Nah, buat yang mau belanja murah, bisa ke Lucky Plaza yang letaknya di sebrang ION Orchard. Bukan jual barang luxury, tapi di Lucky Plaza ini lebih jual ke elektronik gitu. Untuk yang mau beli elektronik kayak HP, Kamera, Laptop, maka di sini tempatnya. Karena waktu itu udah agak malem dan saya juga lagi ga cari elektronik, jadi saya ga lama-lama deh. Dan fyi aja, kalo Orchard Road ini kalo malem suka banyak pertunjukan-pertunjukan kayak sulap atau pengamen jalanan gitu. Cukup seru dan menghibur lah pokoknya. Setelah itu saya langsung pulang ke hostel karena habis perjalanan antar-negara (?). Walaupun sempet apes di imigrasi Singapore, tapi menurut saya ini bisa jadi pengalaman yang unik buat diceritain ke orang lain. Ohiya dan mesti saya cuma bisa foto di depan Legoland aja, semoga sih next saya bisa beneran masuk ke Legoland deh ya.

So guys jadi kalo kalian punya waktu lebih, kalian bisa banget buat ke Johor Bahru. Kalo saya rasa sih sekarang mungkin udah jauh lebih rame kali ya. Saran saya kalo ke Johor bawa payung dan sunglass ya, karena puanass banget asli. Dan untuk masalah tuker uang lebih enak di Jakarta atau di JB Sentral, itu preferensi masing-masing. Cuma karena saya lebih suka nuker di Jakarta, jadi saya udah siapin dari awal deh. Ohiya, dan buat yang mau ke Kuala Lumpur sih memang lewat rute ini juga. Jadi sudah siapkah kalian buat ke Johor Bahru?


You Might Also Like

0 komentar: