Mampir ke National Folk Museum of Korea

September 16, 2016 Intan Sri Setyowati 0 Comments


Kebanyakan orang yang pergi ke Gyeongbokgung Palace, pasti mampir National Folk Museum of Korea. Karena letaknya yang emang persis di dekat Geonchunmun Gate (pintu masuk sebelah kanan Gyeongbokgung Palace). Saya pun akhirnya ikutan mampir kesini, apalagi gratis. Fyi, kalau ada yang inget (padahal sih saya ga inget hehe), National Folk Museum of Korea pernah jadi tempat syuting Running Man episode 269 dan 149.

Kalo foto disini, rame mulu
Pintu masuk ke museum
Sebelumnya saya pernah ke National Palace Museum of Korea. Dan isinya lebih ke menceritakan tentang Raja-raja pada zaman Dinasti Joseon dan juga benda-benda yang sifatnya lebih kepemerintahan atau kekerajaan. Nah bedanya, kalau koleksi di National Folk Museum of Korea ini lebih ke bagaimana kehidupan sosial/sehari-hari pada masa itu. Jadi di museum ini kita bisa liat kayak hanbok (baju Korea) yang dipakai oleh rakyat biasa, jenis-jenis sepatu yang digunakan, aksesoris-aksesoris, peralatan makan dan memasak, dan lain-lain. Disini kita juga bisa melihat diorama yang menggambarkan upacara-upacara dan kebudayaan Korea. Bahkan ada juga benda-benda yang sifatnya mistis yang biasanya digunakan saat upacara shaman (saya gatau bahasa benernya apa hehe). Di dalam museum ini juga ada perpusatakaan, toko merchandise dan juga café. 

Tandu yang dipakai untuk wanita bangsawan
Prosesi upacara adat di Korea
Salah satu perayaan di Korea
Topeng-topeng Shaman
Sepatu-sepatu zaman dahulu
Model rumah tradisional Korea (Hanok)
Ada peralatan serta aksesoris dari zaman Joseon
Hanbok yang dipakai sama Putri kerajaan
Saya pribadi sih suka sama museum ini karena koleksinya lebih banyak dari pada National Palace Museum of Korea. Dan museum ini sayang banget kalo dilewatin. Jadi mumpung yang mau ke Gyeongbokgung Palace, bisa lah menyempatkan waktu sedikit sekedar buat lihat-lihat koleksi benda zaman dahulu. Karena kalau di Palace-nya sendiri, itu udah ga ada barang-barang peninggalannya lagi dan udah dipindahkan buat jadi koleksi di National Palace Museum ataupun juga Folk Palace Museum.


Cara menuju ke National Palace Museum of Korea :
37 Samcheong-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
Subway line 3 – Stop Gyeongbokgung Station – Exit gate 5
Subway line 5 – Stop Gwanghwamun Station – Exit gate 2 

Liat yang pointer merah ya

Jam Operasional 
Weekdays               09:00 – 18:00
Weekend & Holiday 09:00 – 19:00
Last admission 1 jam sebelum tutup

Admission 

Gratis

You Might Also Like

0 komentar: