Pergi ke Changdeokgung Palace: Istana Kediaman Raja Joseon

Maret 02, 2017 Intan Sri Setyowati 0 Comments



Selain ke Gyeongbokgung Palace, saya juga sempat jalan-jalan ke Changdeokgung Palace. Sebenernya saya udah pernah ke sini waktu masih di bulan Juli karena lagi free entry. Tapi sayangnya pas ke sana tutup. Akhirnya ke sini lagi pas extend bulan Agustus.

Sedikit googling, Changdeokgung Palace adalah istana Dinasti Joseon di Seoul yang letaknya di sebelah timur istana utama (Gyeongbokgung Palace). Jika Gyeongbokgung Palace merupakan pusat pemerintahan yang dikelilingi banyak kuil leluhur, altar kurban dan kantor-kantor pemerintahan, maka Changdeokgung Palace justru digunakan sebagai kediaman sementara saat raja ingin beristirahat dari kegiatan rutin. Dan istana ini menjadi satu-satunya tempat beristirahat Raja yang berada di ibukota. Changdeokgung Palace sendiri dikagumi karena mewarisi elemen-elemen arsitektur Zaman Tiga Kerajaan yang harmonis dengan alam, dimana metode seperti ini tidak ditemui dalam pembangunan Gyeongbokgung Palace.

Injeongjeon: tempat yang dipakai kalo ada upacara
Keliatan kan panasnya kayak apa
Ini dia bagian dalam dari Injeongjeon
Sayangnya kita ga boleh masuk ke dalam

Karena istana ini pada awalnya dibangun sebagai villa, bangunannya ga terlalu luas dan fasilitasnya memang diutamakan untuk kemudahan raja. Tapi semakin lama istana ini juga semakin diperluas. Dan sama seperti Gyeongbokgung Palace, istana ini juga sempat hancur pada jaman penjajahan Jepang.Kemudian di tahun 1990-an sampai 2000, beberapa bangunan yang diruntuhkan dibangun kembali sehingga istana yang sekarang sedikit demi sedikit telah kembali ke penampilan aslinya. Dan Changdeokgung Palace sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997.

Cuaca kalo lagi summer panas banget kayak gini
Setiap bagunan di istana umunya ada pilar-pilarnya seperti ini
Maaf fotonya blur :(
Model bagian dalam rumah zaman dulu nih
Salah satu bangunan tempat istirahat Raja

Hal-hal yang dapat saya di sini antara lain kayak bangunan-bangunan kecil buat tempat tinggal raja. Ohiya, yang bikin istana ini beda sama istana lainnya, yaitu karena di sini ada secret garden-nya. Secret garden ini juga disebut Huwon Garden, Biwon Garden atau juga Rear Garden. Untuk masuk ke sini, kita perlu bayar tiket lagi sebesar KRW 5000. Menurut saya mahal sih, karena tiket masuk ke Changdeokgung-nya aja cuma KRW 3000. Tapi menurut blog yang saya baca, secret garden ini tuh indah dan asri banget. Jadi itu mungkin kenapa harganya mahal. Fyi, di secret garden ini kita ga bisa sembarang masuk karena ada jadwal tour-nya gitu dan per sesi tour durasinya 90 menit. Karena saya waktu itu buru-buru, sendirian dan irit uang juga, jadi dengan berat hati saya ga masuk ke secret garden. Dalam hati semoga jadi motivasi saya buat nanti balik lagi ke Korea hehe.

Untung yang nanya bagus mana sih Gyeongbokgung Palace atau Changdeokgung Palace? Saya pribadi sih memang lebih suka Gyeongbokgung. Tapi menurut saya, Changdeokgung tetep wajib dikunjungi karena secret garden-nya! Fyi, mungkin kebanyakan orang cuma tau dua istana ini aja. Tapi ada tiga istana lain di Seoul yaitu Changgyeonggung Palace, Deoksugung Palace dan Gyeonghuigung Palace (info lebih lanjut, di sini). Dan dari semua istana tersebut, Changdeokgung-lah yang udah diresmikan oleh UNESCO. Nah, jadi kalau kalian ke Korea jangan lupa mampir ya! Dan kalo bisa semua istana deh hehe. Mungkin ini jadi wishlist saya kalo ke Korea lagi. Plus kalo bisa ke Changdeokgung lagi, saya mau pake hanbok dan masuk ke secret garden-nya hehe.



Cara menuju ke Changdeokgung Palace : 
99 Yulgok-ro, Waryong-dong, Jongno-gu, Seoul 
Subway line 3 – Stop Anguk Station – Exit gate 3 – Walk 5 minute 

Peta ke Changdeokgung Palace
 

Jam Operasional
Selasa - Minggu (Senin LIBUR)
09:00–18:00 (Feb – Mei)
09:00-18:30 (Jun - Agu)
09:00–18:00 (Sep – Okt)
09:00-17:30 (Nov - Jan)

Biaya Masuk 
Dewasa: 3000 won (Istana) & 5000 won (Secret Garden)
Anak-anak: 1500 won (Istana) & 2500 won (Secret Garden)
** Untuk masuk ke secret garden ada sesi-nya. Dan Cuma 100 orang per sesi. Jadi cek jadwal dulu ya. Tour berdurasi 90 menit. 

Website 
Di sini 

Fyi, ada beberapa pertunjukan dan info tentang tour Changdeokgung Palace: 
Tour malem:
 Di sini 

Tour guide:  
Bahasa Inggris, China dan Jepang

You Might Also Like

0 komentar: