Jalan-jalan ke Gyeongbokgung Palace: Istana Kerajaan terbesar di Korea

Maret 01, 2017 Intan Sri Setyowati 0 Comments


Habis dari National Folk Museum of Korea, saya langsung ke Gyeongbokgung Palace. Alasan saya ke sini, ga lain dan ga buka karena istana yang satu ini memang ikonik banget. Kayaknya ga afdol kalo ke Korea tapi ga mampi ke Gyeongbokgung Palace. Fyi, pintu masuk ke dalam istana letaknya ada di sebelah kanan Gyeongbokgung Palace.

Salah satu bangunan di dalam istana

Sedikit googling, ternyata Gyeongbokgung Palace adalah sebuah istana yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Dengan luas 40 hektar, Gyengbokgung Palace sendiri menjadi simbol keagungan untuk kerajaan dan rakyat Korea. Sayangnya di tahun 1911, pemerintahan Jepang menghancurkan semua bangunannya Gyengbokgung Palace kecuali 10 bangunan utama, dan membangun Bangunan Pemerintahan Utama Jepang untuk gubernur jenderal Korea di depan Ruangan Tahta. Kemudian setelah Korea merdeka, 330 bangunan dari Gyengbokgung Palace berhasil dibangun kembali mengikuti bentuk asli istana. Termasuk proyek gerbang masuk istana (Gwanghwamun) yang proses renovasinya selesai tahun 2009. Saat ini Gyengbokgung Palacesaat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea (NationalFolk Museum of Korea) berdiri di dalamnya.

Bangunan utama dari istana ini yaitu termasuk Paviliun Gyeonghoeru dan Geunjeongjeon. Paviliun Gyeonghoeru yang memiliki kolam bunga teratai dan bertiangkan 48 buah tonggak granit emang jadi spot favorit buat foto. Karena tempatnya yang memang megah dan bagus banget. Selain itu kolamnya juga bersih, jadi kita bisa lihat ikan-ikan di dalamnya. Paviliun ini letaknya ada di tengah-tengah, jadi ga akan susah buat nemuin paviliun ini.

Bangunan Paviliun Gyeonghoeru
Ada dedek lucu lagi photoshoot :)

Sedangkan Geunjeongjeon yang merupakan ruang tahta raja, letaknya ada dibalik gerbang Gwanghwamun. Karena rute masuk istana ini dari samping kanan, jadi kita bakal nemuin Geunjeongjeon terakhir dan pintu keluarnya ada di gerbang Gwanghwamun.

Ini dia Geunjeongjeon
Salah satu gerbang kerajaan
Gwanghwamun Gate sekaligus jadi pintu keluar dari Gyeongbeokgung Palace

Ohiya, untuk masuk ke dalam istana ini saya cukup bayar KRW 3000 aja. Saya ke sini pas hari kerja, jadi tempatnya ga begitu ramai. Selain kedua bangunan utama, ada banyak bangunan bersejarah lainnya yang juga ga kalah oke. Berikut merupakan beberapa spot yang ada di Gyeongbokgung Palace:

Kendi-kendi buat nyimpen bumbu nih
Tumpukan batu yang jadi tempat untuk membuat harapan gitu
Saya kurang tau ini bangunan apa
Berdasarkan pengalaman saya kesini pas summer, asli panasnya pake banget walau beberapa spot ada banyak pohon. Tapi tetep aja hawanya panas banget. Dan saya bahkan sampai ganti baju karena ga tahan udah keringetan abis hahaha. Fyi, untuk yang dateng kesini pake Hanbok, bakal gratis masuk dan oke banget buat foto-foto. Cuma kalo pas musim panas itu tadi, coba dipikir lagi ya kayak apa panasnya.

Cara menuju ke Gyeongbokgung Palace :
161 Sajik-ro, Sejongno, Jongno-gu, Seoul, South Korea  
Subway line 3 – Stop Gyeongbokgung Station – Exit gate 5

Peta Gyeongbokgung Palace


Jam Operasional
Senin - Minggu (Selasa LIBUR)
09:00–18:00 (Mar – Mei)
09:00-18:30 (Jun - Agu)
09:00–18:00 (SepOkt)
09:00-17:00 (Nov - Feb)

Biaya Masuk
Dewasa: 3000 won
Anak-anak: 1500 won

Website

Fyi, ada beberapa pertunjukan dan info tentang tour Gyengbokgung Palace:

Tour malem: 

Tour guide: 
bahasa Inggris, China dan Jepang (sehari 3 kali)

Pertunjukan pergantian penjaga istana:
Sumunjang jam 10:00, 13:00 dan 15:00
Gwanghwamun jam 11:00, 14:00 dan 16:00

 

You Might Also Like

0 komentar: